Posted by: chaer3 | October 23, 2010

PNPM gelar Temu Nasional dan GKP Expo 2010

Jakarta, 23 Oktober 2010

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan kembali berpartisipasi dalam Temu Nasional dan Gelar Karya Pemberdayaan (GKP) Expo tahun 2010, yang digelar di JCC Senayan, pada 21-24 Oktober 2010.

Dalam kegiatan tersebut, PNPM Mandiri Perkotaan mengisi stan 1 dan 6, yang menampilkan informasi program melalui poster-poster, booklet, leaflet, dan sebagainya. Selain itu juga diputarkan film VCD mengenai pengalaman lapangan dan tayangan pariwara masyarakat Kota Bogor, Wakil Walikota Bogor dan Dirjen Cipta Karya melalui TV Plasma yang dipasang di salah satu stan PNPM Mandiri Perkotaan.

Guna memeriahkan stan, pihak PNPM Mandiri Perkotaan juga mengadakan kuis dengan hadiah yang sangat menarik. “Hadiah-hadiah ini didukung penuh oleh pihak Proyek PNPM Mandiri Perkotaan melalui Kepala SNVT Pusat Bapak Boby Ali Azhari, serta partisipasi aktif Ibu Butet dari Sekretariat Pokja Pengendali PNPM Mandiri berupa sumbangan alat-alat sekolah dan mainan anak-anak,” jelas Tenaga Ahli Mass Communication KMP PNPM Mandiri Perkotaan Iroh Rohayati, melalui surat elektronik kepada Redaksi, kemarin malam (20 Oktober 2010).

Menurut Iroh, dalam kegiatan tersebut juga akan diserahkan penghargaan kepada sejumlah relawan, anggota BKM, KSM dan fasilitator kelurahan dari Kota Palu, Kota Palangkaraya, Kota Pagaralam, Kabupaten Gorontalo, Kota Boyolali, Kota Bogor, Kota Jayapura dan Kota Bau-bau.

Sebagai salah satu upaya mengidentifikasi tantangan dan masalah yang selama ini dihadapi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, dilaksanakan Seminar “Keberlanjutan PNPM Mandiri” dalam kegiatan Temu Nasional ke-3 dan Gelar Karya Pemberdayaan (GKP) Expo dan Award 2010.

Hal tersebut dijelaskan oleh Deputi Seswapres Bidang Kesejahteraan Rakyat/Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto yang hadir dan membuka seminar. Ia juga menjelaskan, tujuan lain dilakukannya seminar adalah guna merumuskan strategi keberlanjutan PNPM Mandiri dan membangun kerja sama untuk menjadikan PNPM Mandiri lebih baik ke depannya.

Pameran dan pemberian penghargaan (award) kepada beberapa relawan, BKM, LKM dan fasilitator dilakukan dilakukan di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan. Kegiatan pameran akan dilakukan pada 21-24 Oktober 2010. Sedangkan seminar, dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, pada 21-22 Oktober 2010. Jarak dari JCC ke Hotel Sultan mencapai 1 kilometer dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Pada hari pertama, pameran yang diikuti oleh puluhan perusahaan dan pemerintah daerah (pemda) ini dipadati oleh pengunjung dari berbagai kalangan, termasuk rombongan siswa SD dan SMP. Umumnya pengunjung tertarik pada stan PNPM Mandiri Perkotaan yang memamerkan kerajinan tangan berupa boneka batik. Rombongan siswa SD dan SMP juga tampak antusias melihat stan PNPM Mandiri Perkotaan. Mereka mencermati poster-poster dan tayangan TV plasma yang terpampang di stan PNPM Mandiri Perkotaan.

Menurut pengamatan Tim Berita Web, stan lain yang ramai disemuti pengunjung adalah koleksi pakaian batik dan stan Sampoerna Untuk Indonesia bidang Search and Rescue (SAR), yang saat itu juga menggelar semacam seminar mengenai SAR. Pembicara seminar SAR ini menjelaskan mengenai bagaimana cara menghadapi bencana, serta tips dan trik menyelamatkan diri saat bencana, membantu mencari korban dan hal-hal lain yang harus dilakukan saat bencana ataupun kecelakaan.

(Dikutip dari Dian Permana, Tim Berita Web P2KP/PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: