Profil Yayasan

LATAR  BELAKANG

Sejalan dengan pelaksanaan UU No. 22 Tahun 1999     yang kemudian pada perkembangannya   direvisi/disempurnakan menjadi UU No. 32 Tahun     2004 tentang Pemerintah Daerah serta berbagai peraturan pelaksanaanya, bahwa telah diamanatkan mengenai perlunya berbagai upaya terkoordinasi secara nasional untuk menjamin tercapainya tujuan dan sasaran kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah. Yayasan menyadari tingkat kompleksitas Pemerintah dan luasnya lingkup kegiatan dalam rangka pelaksanaan kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah dan perlunya komitmen tinggi serta upaya jangka panjang dari seluruh pelaku dan pihak terkait. Yayasan Reksa Krida Abdi Bangsa yang bertujuan dalam memberikan pendampingan pada Pemerintah Daerah untuk peningkatkan kapasitas personil/individu, organisasi, dan sistem pemerintahan di daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik bagi kesejahteraan masyarakatnya. Yayasan Reksa Krida Abdi Bangsa mengedepankan pengembangan institusi, sistem, dan individu dari setiap komponen pendukung dalam melakukan pendampingan pada pihak terkait untuk mewujudkan peningkatan kapasitas dengan melibatkan berbagai tingkat pemerintahan yang berbeda, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pemerintah Pusat.  Yayasan ini juga ditujukan kepada banyak pihak yang terkait, tidak hanya sektor publik, tetapi juga legislatif daerah, organisasi kemasyarakatan serta sektor swasta dan bersifat demand driven, berperspektif gender serta memperhatikan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik.

Maksud dan Tujuan YR-KrAB menjalankan kegiatan sebagai berikut:

  1. Pendampingan pada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk peningkatan kapasitas personil/individu, organisasi, dan sistem pemerintahan di daerah.
  2. Pendidikan dan Pelatihan kepada aparatur Pemda serta masyarakat umum dan swasta dalam bidang manajemen pemerintahan.
  3. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dalam bidang sumber daya alam, pertanian, perkebunan, peternakan dan lingkungan hidup.
  4. Pengembangan organisasi dan kompetensi individu dalam bidang pengelolaan kebijakan, keuangan daerah dan pengembangan ekonomi lokal.
  5. Pendampingan pada masyarakat dalam bidang pelayanan publik dan kepemerintahan yang baik (good governance).
  6. Penyusunan bahan kebijakan dalam rangka administrasi publik.

VISI

Menjadi founder yang terbaik di bidang  pengembangan institusi, sistem, dan individu dalam mendukung peningkatan kapasitas di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pemerintah Pusat.

MISI

  1. Memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah untuk Peningkatan Kaspasitas personil/individu, organisasi dan sistem pemerintahan di daerah.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan kepada aparatur Pemda serta masyarakat umum dan swasta dalam bidang manajemen pemerintahan.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam bidang sumber daya alam, pertanian, perkebunan, peternakan dan lingkungan hidup.
  4. Mengembangkan kompetensi individu/organisasi dalam bidang pengelolaan kebijakan, keuangan daerah dan pengembangan ekonomi lokal.
  5. Memberikan pendampingan pada masyarakat dalam bidang pelayanan publik dan kepemerintahan yang baik (good governance).
  6. Melakukan penyusunan bahan kebijakan dalam rangka administrasi publik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: